10.7.10

Komputer dalam kuliah IMK

Sistem Komputer Secara Umum

Sistem Komputer memiliki bbrp peralatan spt ini:
Layar atau monitor, dimana terdpt bbrp
Windows – area-area berbeda yg berjln scr mandiri satu dgn lainnya.
Keyboard
Mouse
Peralatan2 ini menentukan gaya interaksi yg didukung oleh sistem.
Jika kita menggunakan peralatan yg berbeda,maka antarmuka akan mendukung gaya interaksi yg berbeda

Peralatan Masukan Teks

Keyboard
Peralatan masukan umum
Memiliki layout yg terstandarisasi (QWERTY)
Penyusunan tombol2 karakter QWERTY tdklah optimal utk layout pengetikan bg para penggunanya.
Desain Keyboard yg lain mjdkan pengetikan lbh cepat tp masy sdh terlanjur berbasiskan pengetikan QWERTY shg menyebabkan keengganan untuk berubah.

Keyboard yang lain

Alfabetik
Tombol2 diatur berdsrkn urutan abjad
Tdk lebih cpt buat pengetik yg telah dilatih
Juga tdk lebih cepat buat para pengetik pemula.
Dvorak
Huruf yg sering dipakai ditempatkan pd jari2 yg dominan
Condong/bias pada pemakai tangan kanan(bukan kidal)
Kombinasi umum dr karakter berganti-ganti diantara 2 tangan
Peningkatan kecepatan sampai 10-15% dan mengurangi kelelahan

Chord Keyboard
Hanya sedikit tombol yg digunakan- empat atau lima
Huruf diketikkan sebagai kombinasi dr penekanan tombol
Berukuran kompak – ideal utk aplikasi yg portable
Waktu belajar yg singkat – penekanan tombol merefleksikan bentuk dr huruf yg dinginkan.
Cepat pengetikannya
Penolakan dr masy (terbiasa QWERTY), ditambah lg dgn kelelahan yg terjadi stlh pemakaian dlm waktu lama

Pengenal tulisan tangan
Teks yg ditulis dgn tangan dpt dimasukan kedlm komputer, menggunakan sebuah pena komputer dan tablet digital.
Bentuk umum dr interaksi
Memiliki permasalahan2 dlm
Mendptkn semua informasi yg berguna – alur goresan, tekanan, dll, dlm perilaku yg alamiah
Memilah penulisan gabungan k dalam huruf2 yg terpisah
Interpretasi huruf-huruf sec individu
Penguasaan atas gaya penulisan tangan yg berbeda
Alat Organizer sdh ada di pasaran, yg dpt menangani teknologi pengenalan tulisan tangan dan menyingkirkan penggunaan keyboard besar yg memakan tempat.
Pengenal Suara
Alat yg menjanjikan,namun hanya sukses dalam situasi terbatas – pengguna tunggal, sistem kosa kata terbatas.
Terdapat masalah dgn
Adanya gangguan eksternal
Ketidaktepatan pada pelafalan/cara pengucapan
Aksen dll
Mouse
Peralatan utk memindah dan menunjuk posisi di layar. Sgt umum dan gampang digunakan
2 karakteristik
Pergerakan mendatar
Adanya tombol-tombol
Pergerakan relatif hanya jika terdeteksi
Pergerakan mouse menggerakkan cursor di layar
Merupakan peralatan manipulasi sec tdk langsung
Peralatannya sendiri tdk mengaburkan/mengganggu layar,juga ia akurat dan cepat
Dapat mengarah pd masalah koordinasi tangan-mata berkaitan dengan ketidaklangsungan manipulasi.
Bgm cara kerjanya?
2 metode utk mendeteksi pergerakan
Mekanik – bola didalam mouse bergerak saat mouse digerakkan
Optik – LED didalam mouse
Peralatan Penempatan Posisi yg Lain

Joystick
Trackball
TouchScreen (Layar Sentuh)
Light Pen (Pena Cahaya)
Tablet Digital
Tombol-tombol kursor

Peralatan Output

Layar Komputer (CRT)
Keuntungan CRT
Murah
Cukup cepat untuk animasi yg butuh kecepatan
Kemampuan warna yg tinggi
Penambahan resolusi menambahi jg harganya
Kerugian
Bentuknya besar sekali
Mslh dgn ‘jaggies’, garis diagonal yg harus terpotong dlm rangka proses pemindaian horizontal raster.
Mslh ‘jaggies’ dpt dikurangi dengan menggunakan layar beresolusi tinggi.
Flicker


LCD
Lebih kecil, lebih ringan, tanpa mslh radiasi
Pengalamatan matriks
Tingkat kelelahan yg ditimbulkan lebih sedikit dibandingkan CRT.
Warna dimungkinkan untuk diwujudkan


Pencetakan

Printer Dot-Matrix
Printer Ink-Jet
Printer Suhu
Printer Laser


Font

Mengacu pada gaya teks tertentu
Jenis-jenis Font
Ukuran font ditentukan dalam point


Scanner dan Pengenal Karakter Optik

Scanner
Memindai kertas dan mengubahnya kedalam bentuk bitmap
2 jenis scanner
Flat-Bed
Hand-held
Optical Recognition Character (OCR)
Mengkonversikan bitmap kembali kedalam bentuk teks


No comments: