Sistem Komputer Secara Umum
•Sistem Komputer memiliki bbrp peralatan spt ini:
–Layar atau monitor, dimana terdpt bbrp
•Windows – area-area berbeda yg berjln scr mandiri satu dgn lainnya.
–Keyboard
–Mouse
•Peralatan2 ini menentukan gaya interaksi yg didukung oleh sistem.
•Jika kita menggunakan peralatan yg berbeda,maka antarmuka akan mendukung gaya interaksi yg berbeda
Peralatan Masukan Teks
•Keyboard
–Peralatan masukan umum
–Memiliki layout yg terstandarisasi (QWERTY)
–Penyusunan tombol2 karakter QWERTY tdklah optimal utk layout pengetikan bg para penggunanya.
–Desain Keyboard yg lain mjdkan pengetikan lbh cepat tp masy sdh terlanjur berbasiskan pengetikan QWERTY shg menyebabkan keengganan untuk berubah.
•Keyboard yang lain
Alfabetik
•Tombol2 diatur berdsrkn urutan abjad
–Tdk lebih cpt buat pengetik yg telah dilatih
–Juga tdk lebih cepat buat para pengetik pemula.
–Dvorak
•Huruf yg sering dipakai ditempatkan pd jari2 yg dominan
•Condong/bias pada pemakai tangan kanan(bukan kidal)
•Kombinasi umum dr karakter berganti-ganti diantara 2 tangan
•Peningkatan kecepatan sampai 10-15% dan mengurangi kelelahan
•Chord Keyboard
–Hanya sedikit tombol yg digunakan- empat atau lima
–Huruf diketikkan sebagai kombinasi dr penekanan tombol
–Berukuran kompak – ideal utk aplikasi yg portable
–Waktu belajar yg singkat – penekanan tombol merefleksikan bentuk dr huruf yg dinginkan.
–Cepat pengetikannya
–Penolakan dr masy (terbiasa QWERTY), ditambah lg dgn kelelahan yg terjadi stlh pemakaian dlm waktu lama
•Pengenal tulisan tangan
–Teks yg ditulis dgn tangan dpt dimasukan kedlm komputer, menggunakan sebuah pena komputer dan tablet digital.
•Bentuk umum dr interaksi
–Memiliki permasalahan2 dlm
•Mendptkn semua informasi yg berguna – alur goresan, tekanan, dll, dlm perilaku yg alamiah
•Memilah penulisan gabungan k dalam huruf2 yg terpisah
•Interpretasi huruf-huruf sec individu
•Penguasaan atas gaya penulisan tangan yg berbeda
–Alat Organizer sdh ada di pasaran, yg dpt menangani teknologi pengenalan tulisan tangan dan menyingkirkan penggunaan keyboard besar yg memakan tempat.
•Pengenal Suara
–Alat yg menjanjikan,namun hanya sukses dalam situasi terbatas – pengguna tunggal, sistem kosa kata terbatas.
–Terdapat masalah dgn
•Adanya gangguan eksternal
•Ketidaktepatan pada pelafalan/cara pengucapan
•Aksen dll
•Mouse
–Peralatan utk memindah dan menunjuk posisi di layar. Sgt umum dan gampang digunakan
–2 karakteristik
•Pergerakan mendatar
•Adanya tombol-tombol
–Pergerakan relatif hanya jika terdeteksi
–Pergerakan mouse menggerakkan cursor di layar
–Merupakan peralatan manipulasi sec tdk langsung
•Peralatannya sendiri tdk mengaburkan/mengganggu layar,juga ia akurat dan cepat
•Dapat mengarah pd masalah koordinasi tangan-mata berkaitan dengan ketidaklangsungan manipulasi.
•Bgm cara kerjanya?
–2 metode utk mendeteksi pergerakan
•Mekanik – bola didalam mouse bergerak saat mouse digerakkan
•Optik – LED didalam mouse
Peralatan Penempatan Posisi yg Lain
•Joystick
•Trackball
•TouchScreen (Layar Sentuh)
•Light Pen (Pena Cahaya)
•Tablet Digital
•Tombol-tombol kursor
Peralatan Output
•Layar Komputer (CRT)
–Keuntungan CRT
•Murah
•Cukup cepat untuk animasi yg butuh kecepatan
•Kemampuan warna yg tinggi
•Penambahan resolusi menambahi jg harganya
–Kerugian
•Bentuknya besar sekali
•Mslh dgn ‘jaggies’, garis diagonal yg harus terpotong dlm rangka proses pemindaian horizontal raster.
•Mslh ‘jaggies’ dpt dikurangi dengan menggunakan layar beresolusi tinggi.
•Flicker
•LCD
–Lebih kecil, lebih ringan, tanpa mslh radiasi
–Pengalamatan matriks
–Tingkat kelelahan yg ditimbulkan lebih sedikit dibandingkan CRT.
–Warna dimungkinkan untuk diwujudkan
Pencetakan
•Printer Dot-Matrix
•Printer Ink-Jet
•Printer Suhu
•Printer Laser
Font
•Mengacu pada gaya teks tertentu
•Jenis-jenis Font
•Ukuran font ditentukan dalam point
Scanner dan Pengenal Karakter Optik
•Scanner
–Memindai kertas dan mengubahnya kedalam bentuk bitmap
–2 jenis scanner
•Flat-Bed
•Hand-held
•Optical Recognition Character (OCR)
–Mengkonversikan bitmap kembali kedalam bentuk teks
No comments:
Post a Comment