10.7.10

Mengapa Interaksi Manusia dan Komputer?

Mengapa Interaksi Manusia dan Komputer?
Contoh: tombol pilhan untuk Save (menyimpan) and Delete (menghapus) pada menu di suatu aplikasi yang ada di komputer kita
Kesalahan penerapan pilihan akan berakibat kehilangan beberapa jam kerja ->menjadi bencana
Meskipun sebisa mungkin dibuat user friendly dan easy to use ->kesalahan masih terjadi
Contoh yang lain: masalah pada VCR untuk menyimpan program2 pada TV kitga. Karena terlalu sederhananya malahan membuat kita bingung dalam penggunaannya. Di sisi lain ada contoh yang malahan berbahaya jika terlalu banyak tombol pada radio di mobil kita untuk seseorang yang lagi mengemudikan mobil.
Dari sini dapat dilihat pada peralatan2/sistem harus didesain dengan memperhatikan dan menghargai pekerjaan yang dilakukan orang sehari-hari
Tidak semua desain itu berdasarkan intuisi dan sulit juga membuat desain sistem yang konsisten dan handal dalam bekerjanya untuk menangani semua perilaku pengguna yang seringkali ceroboh
Antarmuka/Interface tidak dapat diterapkan pada saat-saat akhir, harus dikembangkan secara integral dgn keseluruhan sistem.
TIdak sekedar menampilkan ”wajah yang cantik” dalam tampilannya, namun harus mendukung tugas-tugas yang benar-benar diinginkan orang untuk dikerjakan,dan memaafkan kesalahan akibat kecerobohan.

Di Amerika, standar badan kesehatan dan keselamatan nasionalnya mewajibkan produsen untuk menyediakan lingkungan pekerjaan sengan sistem komputer yang berguna: tak sekedar aman tapi juga berguna.
Misal: mewajibkan produsen untuk memastikan bahwa hal-hal dibawah ini dalam pendesainan,pemilihan, pembuatan atau pengubahan perangkat lunak:
Pantas untuk meja kerjanya
Mudah untuk digunakan dan jika diperlukan, gampang mengikuti pengetahuan dan pengalaman pengguna
Menyediakan umpanbalik pada kinerjanya
Menampilkan informasi dalam format dan dalam langkah yang disesuaikan dengan penggunanya
Memenuhi “prinsip-prinsip ergonomi perangkat lunak”


No comments: